Setengah Hati Menolak Paid Review dari Blogvertise

wordpress-TOS

Hari ini lima penugasan (tasking) dari Blogvertise (BV) nongol di inbox email saya. Wait a minute, mestinya sudah pada tahu Blogvertise kan? Itu tuh, salah satu broker paid to review (PTR) alias review berbayar. Yakni mem-posting iklan yang disamarkan sebagai artikel review, biasanya sepanjang 200-an kata atau lebih, yang diimbuhi tautan ke layanan atau produk komersial dari pemberi tugas/pengiklan.

Selain Blogvertise, populer pula ReviewMe, BuyBlogReview, Smorty, BlogToProfit, SponsoredReview, dan lain-lain. Mulai marak pada 2006 ,  kini PTR  menjelma jadi salah satu dambaan para blogger yang me-monetasi (hayah, apa lagi ini?) blog-nya.

Ok, balik ke lima tasking tadi ya. Pada minggu sebelumnya BV juga telah mengirimkan enam tasking senilai masing-masing US$ 10 ke email saya. Hitung punya hitung, sedikitnya US$100 bisa masuk kantung di akhir bulan. Lumayan buat nombok beli minyak tawon🙂

Sebetulnya, heran juga kok ada pengiklan yang tertarik dengan blog ini. Wong blog sendaljepit ini masuk prioritas kesekian dalam hidup saya. Jadinya lumayan terlantar, jarang berisi posting baru, dan tampilan seadanya dan dikunjungi tak lebih dari 100 netter saja setiap harinya.  Page rank-nya sih 3, termasuk lumayan, tapi Alexa-nya di atas empat juta! Profil yang kurang meyakinkan untuk pengiklan PTR yang rata-rata menghendaki ranking Alexa di bawah 1 juta.

Tapi nyatanya, total sebelas tasking saya terima dalam dua minggu ini. Satu review telah saya kerjakan dan terupload di blog ini, sepuluh sisanya, dengan hati tersayat, saya tolak. “Deny” istilah yang dipakai di layanan ini. Kenapa gerangan?

Begini. Sesaat selesai mengirimkan hasil review pertama, saya iseng mencermati Term of Service (TOS) Blogvertise dan mendapati pasal yang berbunyi ‘blog berbasis layanan gratis WordPress.com tidak diterima. Alasannya, WordPress menyebutkan dalam TOS-nya blog dalam layanannya tidak boleh diisi dengan iklan-iklan komersial.Ini nih cuplikannya:

We have a very low tolerance for blogs created purely for search engine optimization or commercial purposes, machine-generated blogs, and will continue to nuke them, so if that’s what you’re interested in WordPress.com is not for you. A self-hosted solution would be much more appropriate for you; suitable hosts can be found at http://www.wordpress.org/hosting (lengkapnya ada di sini)

Tercakup diantaranya Adsense, Yahoo, Chitika, TextLinkAds,  paid to review, affiliate/referral marketing, adsense, atau jenis iklan lain. Jika melanggar, WordPress tak segan menutup sementara (suspend) blog bersangkutan. Alamak, merananya hidup menumpang!

Buru-buru saya browing tentang ini. Sumpah saya baru tahu kalau ada aturan seperti itu. Dengan keyword “wordpress + paid to review” saya dapat kan beberapa link yang membahas hal ini, termasuk laporan pemilik blog yang sudah kena penalti dari WordPress. Blognya di-suspend. Ada pula blogger yang dikembalikan akses pada akun-nya setelah bersedia menarik posting paid review.

Memang sih kasus-kasus itu kebanyakan terjadi di tahun 2007 dan satu-dua kasus pada 2008. Walau belum menemu kejadian di tahun 2009, tapi demi amannya saya tolak semua tasking baru dari BV meski konsekuensinya dollar urung nyampir di saku. Hik.

Yang masih menggayuti pikiran saya, jika TOS di kedua layanan ini jelas-jelas berbunyi blog gratisan WordPress dilarang ikutan PTR, kenapa juga blog ini, yang jelas-jelas mengandung nama domain .wordpress.com masih juga diterima oleh Blogvertise? Ada yang punya jawaban?

30 thoughts on “Setengah Hati Menolak Paid Review dari Blogvertise”

  1. Sebenarnya blovertise sudah kasih warning bagi blog yang numpang wordpress.com, tapi punyaku di approve juga, ini nunggu approval job..moga aja tembus
    Salam kenal

  2. halo kawan, salam kenal. kalau worpress gratisan gak boleh ikutan paid review, bagaimana dengan blog gratisan dari multiply ? boleh gak ya multiply gratisan ikutan paid review ? trims atas jawabannya…

    1. Halo Bos, salam kenal juga. Duh maaf, kalau multiply kurang tahu ya. Coba cek dengan TOS (term of service) mereka, apakah boleh disisipi iklan atau konten komersial? Kalau ok-ok saja, coba saja diajukan..gutlak Bos!

  3. saya sudah kena suspend di bulan agustus.. tapi alhamdulillah 6 job bisa diberesin dah sudah dapat bayaran…dan blog bisa dibalekin lagi asal ilangin iklanna. btw ini sekarang sudah ada 2 job lagi yang di wordpress.. pusing aq . pengen dikerjakan tapi takut kena suspend lagi… bingung oey….

    yang blogspot belum pr3….

    1. sampai sekarang saya masih saja dapet tawaran bikin review di blog ini, sekitar 20-an tasking lah. Padahal setiap kali menolak, saya sudah jelaskan alasannya kalau wordpress dot com ndak boleh dimonetasi bla bla bla, tetap saja tawaran mengalir😦

  4. blog saya yg di WP sempet kena warning ma wordpress, meski ga sampe di suspend. klo emang ga bisa dimonetize, kenapa wordpress masih boleh buat afiliasi ya?

  5. Saya baru lahir di dunia maya, baru belajar buka mata..merangkak aja belum,,he..he… sempet di suspend…hiks..karena melanggar TOS-nya,,, 2jam kemudian aktif lagi… 🙂 salam kenal

  6. Lupa, sudah waktunya Mas Rohman punya blog bisnis. Saya+Umar sudah menyediakan jasa pembuatan blog. Murah banget, cuma 300rb per tahun. Nama domain, Anda yang pilih sendiri. Kapasitas hosting unlimited.

    Prinsipnya, kami membantu sahabat yang mau membuat blog profit.

    Info lengkapnya, nanti kita bicarakan saat ngeblog bareng ya😀

  7. Mas Rohman,

    Saya juga bingung deng Blogsvertise karena blog gratisan saya yang ber-PR 3 diapprove juga memnjadi anggotanya. Mestinya dia memberi tahu blog apa saja yang bisa jadi member.

    Samaji, saya cuekin juga tuh paid review Blogsvertise. Takut disuspend sama yang empunya WP😀

  8. Itulah Frank, kesadaran yang datang (hmapir) terlambat. Kalau disuspend, saya alihkan suspendnya saja ke blogta’ ya..hehe..salam kenal juga!

  9. Setahu saya kalo pakai wordpress melanggar TOSnya.Jangan sampai disuspend.Boleh juga nih terima orderannya untuk diblogku.heheheh
    Salam kenal dari sorowako

Leave a Reply

