Mantap, aman atau deal

Pak D menghampiri bilik kerja kami. ia melempar senyum sembari mengulurkan tangan. Sejurus kemudian ia berucap dengan nada tanya yang tegas, “Mantap, mantap?”. Serentak saya dan beberapa teman menjawab dengan kata yang sama, namun dengan nada konfirmatif dan pengucapan yang lebih panjang, “Mantaaap!”

Lain hari, Pak Haji R, dari kejauhan bertukar sapa dengan SB. “Aman, aman, aman?” tanya beliau. “Aman, Bos!” tanggap SB.  Artinya? Kurang lebih segalanya under control, beres dan tak ada masalah. Sedangkan “mantap” secara fleksibel bisa dipertukarkan untuk antara makna dari pertanyaan “kabar baik?”, “semua beres?” atau “adakah masalah?”.

Ada lagi sejumlah kata yang berulangkali melubangi gendang telinga saya, dan menjadi ekspresi sehari-hari rekan-rekan di kantor. Sebutlah sapaan “haji”, atau “fren” yang kerap disandangkan pada setiap sapaan. Sama halnya dengan “boss”, sapaan fren biasa dipertukarkan antarkaryawan yang merasa satu level yang artinya setara dengan “teman” atau “kawan”. Namun pada kesempatan lain, sapaan bos juga kerap dipakai dalam konteks hirarkis, yakni ketika seorang subordinat memanggil atasannya.

Sedangkan “haji”, hanya dipakai untuk menyapa orang-orang yang telah menunaikan rukun Islam ke-5, yaitu ziarah haji di tanah suci Makkah (meski ada juga yang sekadar berhaji di Gunung Bawakaraeng J). Kebetulan di kantor saya banyak karyawan dan tetamu yang telah ber-haji, karenanya tak jarang jika ada yang berteriak memanggil “ji, haji” misalnya, tak hanya satu dua orang saja yang merespons.

Belakangan, seiring populernya acara TV superdeal satu milyar, kata “deal” juga sering muncuk di percakapan. Seperti halnya dalam kuis, kata deal menyiratkan juga dipakai untuk menegaskan hal-hal yang telah disepakati. Jadi, Boss Haji bisakah Fren mempertahankan kondisi agar tetap Aman dan Mantap? Jika ya, deal! Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s