IT Help Desk

Laptop SB mendadak dipenuhi virus ketika ia membuka attachment sebuah email. Pop up dari Antivir mengabarkan 600 sekian virus ditemukan di IBM T41 yang jarang dijinjingnya ke mana-mana alih-alih selalu terbuka dan menancap pada dock di atas mejanya. Ia langsung memutuskan untuk mencangkingnya ke IT yang terletak di Plant Site, sekitar 10 menit bermobil dari kantor kami. Ia mengajak saya serta.

Selain laptop SB, kami juga membawa dua desktop IBM p4 2,66 GHz yang setiap kali booting selalu berakhir pada window blue screen dan pemberitahuan bahwa start up disk nya tidak terdeteksi. Jelas hardisknya yang menjadi biang masalah.

Gedung IT didominasi warna biru, dengan lorong-lorong berpintu pegas dan ruang-ruang kecil di kanan kiri gang. Berbeda dengan kebanyakan kantor lainnya di kompleks PTI, dinding kantor IT terbuat dari semacam batako, bukan kayu atau pun pelat besi.  Semua komputer yang kami bawa berakhir di ruang di mana belasan desktop bertumpuk, ruang IT consultant demikian mereka menyebutnya. Agaknya kami harus sabar mengantri sebelum komputer kami diobati.

IT memang punya peran sentral di PTI, karena ribuan komputer dari berbagai lokasi yang jaraknya terpisah hingga sekitar 10 kilometer harus dikoneksikan satu sama lain. IT pula yang bertanggungjawab pada pengelolaan intranet yang berisi aneka informasi dari berbagai departemen di PTI, mulai dari sekadar undangan kerja bakti hingga pengumuman kenaikan pangkat dan aturan-aturan baru di lingkungan perusahaan.

Tetapi, tidak setiap masalah komputer harus diselesaikan dengan menjinjingnya ke gedung IT seperti yang terpaksa kami lakukan hari ini. Untuk masalah-masalah ringan, seperti kesulitan log in, permasalahan mengupload data ke intranet hingga setting printer misalnya, bisa dilakukan dengan menghubungi extensi 9333 yang lebih dikenal sebagai IT Help Desk. Operator di divisi inilah yang kemudian menyelesaikan masalah komputer secara remote dengan panduan per telepon dari pengguna komputer. IT Help Desk, selamat pagi. Ada yang bisa saya bantu? Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s