Hari Hak Untuk Tahu Internasional

hakuntuktahuTanggal 28 September lalu diperingati oleh sejumlah negara sebagai International Right to Know Day atau Hari Hak Untuk Tahu. Peringatan tahun 2006 ini adalah yang ke-empat kalinya menyusul penetapannya pada tanggal 28 September 2002 di Sofia, Bulgaria, pada saat acara workshop keterbukaan informasi yang diikuti sejumlah organisasi yang bergerak dalam bidang media, pembangunan dan HAM dari seluruh dunia.

Hari Hak Untuk Tahu dimaksudkan untuk mendukung hak-hak individual di negara mana pun untuk memperoleh hak bertanya dan mengetahui segala urusan yang terkait dengan kepentingan publik. Hak semacam ini diharapkan mendorong pemberdayaan dan partisipasi dalam masyarakat dan pemerintahan yang demokratis.

Hak atas informasi yang terbuka menjadi pembuka jalan bagi terjaminnya pelaksanaan hak-hak asasi lainnya, seperti hak atas pendidikan, hak untuk hidup sejahtera dan lain-lain.

Hak ini sebenarnya telah jauh-jauh hari dicanangkan oleh dalam pertemuan umum PBB tahun 1946 sebagai Hak atas Informasi. Tapi hingga kini baru 65 negara yang memberi pengakuan hukum atas pernyataan tersebut; selebihnya malah ada yang mengembangkan Undang-undang Kerahasiaan (Official Secrecy Act) yang menentang asas keterbukaan untuk kepentingan publik.

Nah, Indonesia sudah ada ditahap mana ya? Di negara kita sih sudah banyak pihak, terutama media massa, menuntut adanya keterbukaan informasi untuk “kepentingan publik”. Di mana, anda tanya? Di infotainment🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s