catatan kesehatan my iBook g3 hackintosh

ini tentang logicboard lagi…aku belum juga paham dengan pola munculnya flicker di iBook-ku. Soalnya, display tiba-tiba hancur tampilannya ketika aku angkat iBook ke tempat lain atau sekedar tersenggol saja. Kadang juga tanpa ada pemicu yang jelas, tiba-tiba saja display mulai flicker…kayaknya sih tiap kali fan mulai nyala…tapi itu juga gak tentu. gak setiap kali fan nyala disertai hancurnya tampilan display. nah, kan bingung aku. apalagi malam ini, dan beberapa waktu sebelumnya, aku pernah ngetes dengan menepuk-nepuk sembari memijit-mijit body-nya, terutama di bagian palm rest kiri di mana terletak videochip yang jadi biang flicker display, mengangkatnya dengan tiba-tiba, menggeser-geser dengan cepat sampai memutar balik laptop, eh kok sama sekali gak muncul flickernya. padahal, tes ini aku lakukan setelah aku harus restart karena display dipenuhi garis gak tentu yang berpendar-pendar gitu…tapi kok malah gak apa apa? aku ngetik posting ini sembari memangku si iBook dalam posisinya yang mestinya jika ia benar-benar rentan dengan gerak-gerak dan angkat-angkut, akan timbul flicker. tapi kok tidak tuh…

so, pemicu flicker ini lantas apa? pencet-pencet, bukan. panas? mungkin juga…geser-geser atau angkat-angkat? terkadang ya, lebih sering bukan…lha terus apa ya? hehe..yah, terus pakai saja, moga-moga gak banyak masalah lagi..amin!

2 thoughts on “catatan kesehatan my iBook g3 hackintosh”

  1. halo pak emol,
    bagian lower dan upper case pernah saya bongkar habis. waktu itu rencana mau dijual per-part, tapi setelah iseng2 dipasang lagi tetep nyala tuh…sampai sekarang. kayaknya yang hancur tu video chip di logic board kok, penyakit khas iBook g3. obatnya cuman ganjal-ganjal dikit, works flawleslly for around two months b4 insert another shimđŸ™‚. yang penting, it works. setidaknya selama 6 bulan terakhir ini masih bisa kepake…hehe…thx sarannya aniwei

  2. kalo bisa dibilang, itu sih keknya kabel fleksi (kabel untuk displaying video) yg berada diantara bodi dan layar yg jadi pemicu.. karena seringnya buka-tutup flip (atau sering dengan agak cepat & kasar) kabel fleksi yg tipis jadi retak sirkuitnya..

    solusinya ya diganti itu kabel fleksi mas..

Leave a Reply

